in

Preview Manchester United vs Crystal Palace: Ujian Skuat Muda Setan Merah

Manchester United akan melakukan pertandingan terakhirnya di Premier League dengan menjamu Crystal Palace pada Minggu (21/5) malam. Laga ini akan menjadi penentu apakah skuat asuhan Jose Mourinho mampu memberikan kemenangan di kandang sendiri sekaligus persiapan diri untuk menghadapi Ajax Amsterdam di final Europa League Rabu (24/5) mendatang.

Selain kemenangan tentunya ada sesuatu hal penting yang akan dinantikan oleh para suporter United jelang melawan Palace, yaitu adalah janji Mou yang akan menurunkan beberapa pemain muda di laga ini. The Special One memang sudah menegaskan sejak kekalahan melawan Arsenal bahwa dirinya kemungkinan besar akan menurunkan beberapa youngster di laga terakhir. Dalam latihan terakhir jelang melawan Palace terdapat sembilan nama pemain akademi yang berlatih bersama tim utama.

Joel Pereira, Kieran O’Hara, Zachary Dearley, Demi Mitchell, Angel Gomes, Josh Harrop, Matthew Willock, Scott McTominay, dan Axel Tuanzebe, adalah nama-nama pemain akademi yang berlatih bareng Ander Herrera dkk. Dua nama terakhir bahkan sudah mencicipi kerasnya liga primer ketika menghadapi Arsenal. Daftar ini belum ditambah Timothy Fosu Mensah yang musim ini sudah menjadi pemain utama.

Akan tetapi jangan berharap bahwa di laga yang akan dipimpin wasit Anthony Taylor ini, Mou akan menurunkan 11 pemain muda secara bersamaan. Mou mengatakan bahwa nanti ia hanya memainkan tiga sampai empat pemain muda di babak pertama. Dia tidak mau mengambil risiko karena ditakutkan akan mengganggu keseimbangan tim.

“Memainkan terlalu banyak pemain muda sekaligus tidak akan bagus karena ada kesenjangan kekuatan serta pengalaman. Maka dari itu saya akan membawa 3-4 pemain di awal babak pertama di mana saya memberikan pengalaman dan membiasakan kondisinya,” tutur Mou di situs resmi United.

Untuk itu ada kemungkinan besar Mou hanya akan merubah komposisi pemainnya di sektor penjaga gawang dan di lini tengah saja. Jika berpatokan dengan ucapan Mou diatas maka besar kemungkinan pemain muda yang akan bermain sejak awal hanyalah Joel Pereira, Axel Tuanzebe, Timothy Fosu Mensah, dan Scott McTominay. Sementara sisanya masih harus menunggu hingga babak kedua termasuk Zachary Dearley yang dijanjikan debut oleh Mou.

Kabar baik didapat mantan manajer FC Porto ini. Mou kemungkinan bisa kembali menurunkan Paul Pogba sejak awal. Gelandang Prancis tersebut sempat absen di beberapa laga karena cedera dan menghadiri pemakaman ayahnya. Selain itu Mou juga masih menunggu apakah Marouane Fellaini bisa kembali diturunkan mengingat di laga terakhir melawan Southampton ia mengalami masalah di hamstring-nya.

Sementara di kubu Crystal Palace, kemungkinan besar skuad Sam Allardyce tidak bisa menurunkan Andros Townsend karena masalah di lutut. Selain itu Yohan Cabaye juga dikabarkan tidak fit jelang melawan United. Tempat keduanya akan diisi oleh Patrick van Aanholt dan James McArthur. Laga ini juga tidak akan berpengaruh apapun bagi Palace mengingat mereka sudah aman dari zona degradasi.

Jika tidak ingin mengalami kekalahan atau kembali mendapat hasil imbang, maka setan merah harus memberikan penjagaan ektra ketat terhadap bomber mereka Christian Benteke. Di musim ini mantan pemain Aston Villa tersebut sudah mencetak 17 gol. Bahkan dalam dua kunjungan terakhir Benteke ke Old Trafford, striker Belgia tersebut selalu mencetak gol (termasuk tendangan salto nya di musim lalu). Selain itu Wilfried Zaha dan Jason Puncheon jelas harus diwaspadai mengingat keduanya memiliki skill individu dan akurasi umpan silang yang cukup baik.

Dalam 10 musim terakhir, laga melawan Palace nanti akan menjadi laga kelima yang dilakukan United di teater impian saat pekan terakhir liga primer. Dari empat laga sebelumnya, mereka hanya satu kali mengalami kekalahan ketika menghadapi West Ham di musim 2006/2007. Sementara kedua kesebelasan sudah bertemu sebanyak 50 pertandingan dengan United memenangi 33 di antaranya. Setan Merah jelas tidak ingin mengulangi kesalahan mereka pada 30 November 2011. Saat itu skuat muda yang diturunkan Fergie di ajang Piala Liga dikalahkan 1-2 oleh Crystal Palace yang saat itu masih bermain di Divisi Championship.

Perkiraan Formasi

MANCHESTER UNITED

Joel Pereira, Tuanzebe, Bailly, Fosu Mensah, Darmian, Carrick, McTominay, Mata, Martial, Pogba, Rooney

CRYSTAL PALACE

Hennesey, Kelly, Tomkins, Dann, Schlupp, Milivojevic, McArthur, Zaha, Puncheon, Van Aanholt, Benteke

Facebook Comments

Written by Ajie Rahmansyah

Ajie Rahmansyah

Penulis yang seumur hidupnya mencintai Manchester United dan Sepakbola