in

Mengintip Lawan Terakhir Manchester United di ICC: FC Barcelona

Sebelum terbang ke Norwegia untuk menghadapi Valerenga akhir bulan mendatang, Manchester United punya satu pertandingan lagi yang akan dimainkan di Amerika Serikat. Laga yang masih dalam tajuk International Champions Cup tersebut akan mempertemukan Manchester United dengan raksasa La Liga Spanyol, FC Barcelona.

Kapan dan di mana Manchester United vs FC Barcelona ditayangkan?

Laga akan digelar pada Rabu malam waktu Amerika atau Kamis pagi waktu Indonesia. Pertandingan akan dimulai pada pukul 06.30 WIB. Fedex Field di kota Washington akan menjadi arena bagi pertarungan dua tim terbaik ini. Laga ini bisa disaksikan melalui channel MUTV.

Siapa itu Barcelona?

Jika Real Madrid adalah penguasa Spanyol dan penguasa Eropa maka Barcelona adalah pengganggu hegemoni Madrid. Mereka menjuarai La Liga sebanyak 24 kali dan telah 29 kali menguasai Piala Raja atau Copa del Rey.

FC Barcelona dikenal memiliki pemain-pemain terbaik dan pernah menggebrak jagad sepakbola dengan gaya permainan possession football yang dibawa oleh Pep Guardiola, Sosok yang sekarang berada di balik kemudi Manchester City.

Bagaimana Kiprah FC Barcelona di La Liga Musim Lalu?

Musim lalu berjalan sulit bagi Lionel Messi cs. Mereka kehilangan status sebagai penguasa Spanyol yang telah dipegang sejak 2015. Namun mereka setidaknya masih bisa membawa trofi Piala Raja di musim terakhir Luis Enrique menjabat sebagai manajer.

Di Eropa pun mereka tidak bisa menembus tembok kokoh yang dimiliki Juventus. Akan tetapi, jangan lupakan aksi comeback paling dramatis yang mereka lakukan ketika menjungkalkan jagoan Prancis, Paris Saint-Germain.

Siapa Pelatih FC Barcelona?

FC Barcelona mengontrak Ernesto Valverde sebagai entrenador anyar mereka musim depan. Pria berusia 53 tahun ini adalah mantan pemain mereka di era 1988 hingga 1990.

Barcelona adalah kesebelasan Spanyol kelima yang pernah dipegang oleh Valverde setelah Athletic Bilbao, Espanyol, Villareal, dan Valencia. Ia pernah membuat Athletic Bilbao (dan Ander Herrera) menjadi klub yang disegani dan sanggup menembus final Europa League 2012 dan Liga Champions 2014/2015.

Namun, prestasi terbaiknya diraih ketika memperkuat Olympiacos dengan membawa klub Yunani tersebut dua kali meraih double winners.

Pemain Barcelona Mana yang Penampilannya Paling Ditunggu?

Kita ingin sekali melihat Neymar bisa bermain melawan United mengingat ia sedang digoda dengan uang tiga triliun dari Paris Saint Germain.

Selain itu, penampilan rekrutan baru Barcelona, Nelson Semedo, juga patut dinanti mengingat ia digadang-gadang sebagai penerus Dani Alves yang melegenda di sisi kanan.

Kehadiran Gerard Deulofeu juga layak untuk disaksikan mengingat ia ditebus kembali setelah menjalani musim yang baik saat dipinjam AC Milan.

Apakah FC Barcelona Memiliki Hubungan dengan United?

Ya, United pernah menjadi sosok yang penting dalam karir bek mereka Gerard Pique selama tiga musim sebelum mereka membelinya kembali. Selain itu kita juga pernah merasakan legenda mereka Victor Valdes meski hanya dua kali bermain untuk United.

Namun yang paling fenomenal adalah ketika United berhasil menjadikan Mark Hughes sebagai striker tajam setelah musim yang buruk di Barcelona. United juga harus berterima kasih kepada Henrik Larsson atas bantuan tenaganya selama tiga bulan masa peminjaman.

Bagaimana Pertemuan Terakhir Manchester United Melawan FC Barcelona?

United 11 kali bertemu dengan Barcelona dengan membawa hasil tiga kemenangan yang sangat berkesan (semifinal Liga Champions 2008, leg kedua Piala winners 1984, dan final Piala Winners 1991).

Namun United juga mengalami empat kekalahan di mana dua di antaranya terjadi di final Liga Champions 2009 dan 2011. Namun, pertandingan terakhir terjadi pada dua tahun lalu di mana United menang melawan mereka 3-1 melalui gol-gol dari Wayne Rooney, Jesse Lingard, dan Adnan Januzaj.

Editor: Frasetya Vady Aditya
Facebook Comments

Written by Ajie Rahmansyah

Ajie Rahmansyah

Penulis yang seumur hidupnya mencintai Manchester United dan Sepakbola