in

Mengintip Lawan Keenam Pra Musim United: Valerenga

Manchester United sudah menyelesaikan tugasnya dalam melakukan pra musim di Amerika Serikat. Dan menurut manajer Jose Mourinho, tur kali ini berjalan sempurna. Tiga kemenangan plus satu laga dimenangi via adu pinalti menjadi hasil maksimal yang diraih skuad United meski di laga terakhir kalah melawan Barcelona. Sekarang, saatnya mengemas koper kembali karena kita akan terbang jauh ke Norwegia untuk bertemu lawan selanjutnya, Valerenga.

Kapan dan di mana laga tersebut digelar?

Manchester United vs Valerenga akan digelar pada hari Minggu atau tepat Senin tengah malam waktu Indonesia. Kick off akan dimulai pada pukul 00.00 waktu Indonesia Barat. Pertandingan ini akan diselenggarakan di Ullevaal Stadion dan bisa disaksikan melalui streaming via MUTV.

Bagaimana gambaran singkat klub ini?

Kembali ke tahun 1898 saat seorang pendeta bernama Hans Moller Gasmann mendirikan klub ini dengan nama Footballpartiet Spark. Mereka kemudian mengganti nama menjadi Valerenga Football pada 1913.

Klub ini meraih kesuksesan di era 80-an ketika menjuarai tiga gelar liga dalam rentang 1981 hingga 1984. Namun sejak 1985 klub mulai kesulitan untuk meraih prestasi di kancah liga. Hingga 2017 ini mereka hanya mampu menambah satu gelar liga saja yaitu pada 2005 dan lebih banyak mengakhiri musim di papan tengah.

Bagaimana kiprah Valerenga di musim Ini?

Musim ini tampaknya akan berjalan sama seperti musim-musim sebelumnya. Mereka kerapkali tidak konsisten dalam mengumpulkan kemenangan. Menang di laga pertama melawan Viking hanya untuk kalah di tiga laga berikutnya. Bahkan dalam dua pertandingan liga di bulan Juli saja mereka hanya membawa pulang dua poin dan masih terjebak di posisi tujuh dengan mengumpulkan 23 poin.

Siapa pelatih Valerenga?

Mereka dipimpin oleh Ronny Deila. Pria berusia 41 tahun sekaligus legenda dari klub Odds BK. Karir manajernya dimulai dengan menukangi tim divisi empat, Brodd pada 2005. Ia kemudian menjadi manajer Stromsgodset sejak 2008.

Bertahan selama enam tahun dan memberikan masing-masing satu gelar liga dan piala, Super Ronny secara tiba-tiba ditunjuk sebagai manajer Celtic sejak 2014. Ia berada di kota Glasgow selama dua musim dan memberikan tiga gelar sebelum kembali ke Norwegia untuk menjadi manajer Valerenga.

Penampilan siapa yang paling ditunggu?

Jika Romelu Lukaku sudah mencetak dua gol maka lain hal dengan rekrutan anyar lain, Victor Lindelof. Bek Swedia ini masih terlihat canggung dalam menjaga lini belakang Setan Merah. Penempatan posisi serta pengambilan keputusannya masih terlihat kurang begitu baik.

Diharapkan hal tersebut tidak terjadi lagi jika ia diturunkan di laga ini. Selain itu, kita juga ingin melihat bagaimana penampilan Andreas Pereira. Jika diturunkan, laga ini bisa menjadi ujian bagi kelayakan dirinya apakah ia dapat masuk skuad utama di musim depan atau tidak.

Apakah Valerenga ada hubungannya dengan United?

Ya. Dua legenda United pernah bermain untuk klub ini. Salah satu anggota skuad treble, Ronny Johnsen pernah bermain untuk Valerenga pada 2005 dan membawa klub tersebut menjadi juara liga. Selain itu, bek United lainnya, Henning Berg, pernah bermain untuk klub ini selama tiga musim dari 1988 hingga 1991.

Bagaimana pertemuan terakhir United melawan Valerenga?

Kita sudah dua kali bertemu dengan mereka dan hasilnya selalu imbang. Perjumpaan pertama terjadi pada Juli 1998 saat gol dari Paul Scholes dan Ole Gunnar Solskjaer berhasil disamakan oleh mereka. Sementara pertemuan kedua terjadi pada Agustus 2012. Ketika itu skor pertandingan berakhir tanpa gol.

Facebook Comments

Written by Ajie Rahmansyah

Ajie Rahmansyah

Penulis yang seumur hidupnya mencintai Manchester United dan Sepakbola