in ,

Preview Anderlecht vs United: Adu Tajam Tielemans Kontra Ibrahimovic

Ketika tangan dari Patrick Andersson -selaku Ambassador babak final Europa League- mempertemukan Anderlecht dengan Manchester United, seketika itu juga ingatan kita dibawa untuk mundur jauh ke tahun 1956. Pada saat itu Setan Merah di bawah arahan Sir Matt Busby menang telak 10-0 sekaligus menjadikan skor tersebut sebagai kemenangan terbesar sepanjang masa Setan Merah.

Akan tetapi saat ini situasinya berbeda dibandingkan 61 tahun lalu. Kedua kesebelasan akan kembali bertemu dengan status sebagai tim yang terbilang cukup konsisten di liganya masing-masing. Setan Merah berada dalam trek yang bagus dengan membawa modal 21 pertandingan tanpa kekalahan di laga domestik. Di Eropa, kekalahan terakhir yang diterima Mou adalah di pertandingan keempat melawan Fenerbahce. Setelah itu, enam pertandingan berjalan mulus bagi Setan Merah.

Anderlecht juga bukan tim yang bisa dipandang sebelah mata. Saat ini mereka adalah pemimpin sementara Liga Belgia. Mereka terakhir kali mengalami kekalahan pada Maret 2017 ketika melawan Mechelen.

Anderlecht yang Akan Tampil Tanpa Teodorczyk

Dalam pertandingan ini Anderlecht kemungkinan besar tidak bisa menurunkan striker utama mereka Lukasz Teodorczyk. Pemain berkebangsaan Polandia ini diragukan untuk bisa turun karena mengalami cedera bahu saat melawan KAA Gent. Kehilangan pemain berusia 25 tahun ini terasa merugikan Anderlecht sebab Lukasz adalah top skor tim dengan 28 golnya di semua ajang. Ia bahkan sudah mencetak lima gol di ajang Europa League musim ini atau sama dengan yang dicetak oleh Ibra.

Absennya pemain pinjaman dari Dynamo Kiev tersebut membuat sumber gol lebih diarahkan kepada sosok Youri Tielemans. Terbatasnya striker tajam milik anak asuh Rene Weiler ini membuat Tielemans diharapkan sebagai pencetak gol utama. Meski berposisi sebagai gelandang di depan dua bek tengah, namun pemain yang kerap dikaitkan dengan United ini sudah mencetak 18 gol di semua kompetisi. Sektor lini depan kemungkinan akan diisi oleh Frank Acheampong atau Isaac Thellin.

Sementara itu Manchester United jelas kembali menggantungkan ketajamannya kepada seorang Zlatan Ibrahimovic. Ibrakadabra kembali menemukan kepercayaan diri setelah sempat absen bermain di tiga laga kompetisi domestik. Apalagi Ibra memiliki kenangan manis di kandang Anderlecht. Tiga musim silam saat masih membela PSG, Ibra mencetak empat dari lima gol kemenangan PSG atas tuan rumah. Tentu Ibra diharapkan dapat mengulangi pencapaiannya tersebut. Minimal bisa membawa United dapat membawa pulang gol tandang.

Serangan Balik yang Musti Diwaspadai United

Kemungkinan besar laga yang akan dipimpin oleh wasit Felix Byrch ini akan kembali dikuasai United. Di ajang ini ,setan merah memiliki rata-rata penguasaan bola di angka 56,6%. Jauh lebih baik dibandingkan kubu tuan rumah yang hanya memiliki rata-rata 46,9%. Kembalinya Paul Pogba dan apiknya permainan Henrikh Mkhitaryan di Liga Europa tentunya diharapkan dapat membawa United meraih kemenangan.

Akan tetapi Setan Merah juga harus waspada terhadap serangan balik dari kesebelasan yang sudah 33 kali juara liga Belgia tersebut. Dengan formasi 4-3-3 yang kemungkinan diturunkan, mereka akan memaksimalkan kecepatan Sofian Hanni dan Alexander Chipciu. Keduanya akan mendapat dukungan dari Youri Tielemans dan Nicolae Stanciu yang akan masuk dari lini kedua. Namun jika Eric Bailly dkk., dapat meredamnya dengan baik, maka bukan tidak mungkin United akan mengakhiri laga dengan kemenangan.

Rekor Pertemuan

Manchester United sudah delapan kali bertemu dengan duta dari Belgia. Dari delapan laga tersebut dua kekalahan diraih United dan keduanya berasal dari Anderlecht. Sementara itu Anderlecht sudah 32 kali bertemu dengan wakil dari Inggris dengan catatan 8 menang, 4 seri, dan 20 kalah. Kemenangan atas Manchester United 2-1 di Liga Champions musim 2000/2001 menjadi kemenangan terakhir yang didapat Anderlecht ketika melawan wakil Inggris. 

Perkiraan Formasi

ANDERLECHT

Martinez, Appiah, Spajic, Nuytinck, Obradovic, Tielemans, Dendoncker, Stanciu, Chipciu, Thellin, Hanni

MANCHESTER UNITED

Romero, Valencia, Bailly, Rojo, Darmian, Carrick, Herrera, Martial, Mkhitaryan, Lingard, Ibrahimovic

Pertandingan antara Manchester United vs Anderlecht bisa Anda saksikan di SCTV pukul 4.05 WIT.

Facebook Comments

Written by Ajie Rahmansyah

Ajie Rahmansyah

Penulis yang seumur hidupnya mencintai Manchester United dan Sepakbola