in ,

Minimnya Kreativitas, Alasan Manchester United Ditahan Imbang Swansea

Manchester United kembali gagal meraih kemenangan di stadion Old Trafford. Bermain di Teater Impian, skuat asuhan Jose Mourinho kembali hanya bermain imbang 1-1 atas Swansea City. Gol dari Gylfi Sigurdsson membuyarkan keunggulan United yang sebelumnya dibuat oleh Wayne Rooney dari titik putih. Meski memperpanjang rentetan tidak terkalahkan di 25 laga, namun hasil imbang tersebut justru membuat setan merah gagal untuk setidaknya bertahan selama satu hari di posisi ketiga.

Dalam pertandingan tersebut, Jose Mourinho mengombinasikan skuatnya dengan menurunkan beberapa pemain yang terbilang jarang dimainkan seperti Wayne Rooney ataupun Ashley Young. Mou juga memasukkan dua youngster United, Axel Tuanzebe serta Scott Mctominay. The Special One mau tidak mau harus dapat membagi fokus karena Kamis mendatang mereka sudah ditunggu oleh Celta Vigo di semifinal Europa League.

Sayangnya permainan Setan Merah di laga ini terkesan standar, jika tidak ingin dibilang buruk. Setan Merah tampak seperti kebingungan dalam memilih skenario apa yang harus dilakukan untuk menyerang lini belakang The Swans. Jika bermain agresif, maka risikonya mengalami cedera, jika memilih tidak terlalu agresif maka risikonya adalah mereka akan jadi bulan-bulanan Swansea. Dalam laga ini juga sudah terlihat bagaimana kelelahan menghinggapi para pemain United.

Petaka bahkan sudah hadir di menit ke-10 ketika Luke Shaw harus keluar lapangan karena cedera. Shaw menjadi pemain ketujuh yang harus mengalami cedera. Tidak ingin kembali kehilangan pemainnya, United pun seperti memilih untuk bermain aman dengan menekankan penguasaan bola. Risiko yang harus ditanggung adalah lini belakang United menjadi mudah untuk diserang. Meski sama-sama mampu mengkreasikan 10 peluang namun tujuh peluang yang dimiliki Swansea justru dibuat di kotak pinalti United.

Faktor hilangnya Paul Pogba kembali terlihat di laga ini. Dengan hilangnya si pemain mahal itu aliran bola menuju lini depan United menjadi tersendat. Setan merah banyak sekali melakukan kesalahan umpan ketika memasuki lini pertahanan Swansea yang dijaga oleh Fernandez dan Mawson. W

hoscored bahkan mencatat serangan yang dibangun United dari lini tengah hanya berkisar 18% saja yang berhasil. Hal ini menjadi bukti bahwa juara liga musim 2013 ini kehilangan sosok pemain yang kreatif. Beruntung di menit-menit terakhir babak pertama Wayne Rooney mampu membuka keunggulan United setelah pinaltinya mengecoh Lukasz Fabianski.

Permainan United justru makin tidak berkembang di babak kedua. Mereka bahkan harus kehilangan Eric Bailly yang mengalami cidera di bagian engkel kakinya. Dengan cideranya Bailly praktis United hanya menyisakan Daley Blind dan Axel Tuanzebe yang murni bisa bermain sebagai bek tengah.

Swansea akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-79 setelah tembakan bebas Gylfi Sigurdsson membuat penjaga gawang David De Gea hanya terdiam melihat gawangnya jebol. Memasukkan Henrikh Mkhitaryan pun menjadi percuma karena Swansea mampu bertahan dengan baik. Skor 1-1 kemudian bertahan hingga akhir pertandingan.

Selepas pertandingan, Jose Mourinho mengatakan bahwa satu-satunya yang menjadi masalah saat ini adalah kelelahan yang sedang menghinggapi skuadnya. Bagaimana tidak dalam satu bulan ini saja Setan Merah harus bermain sebanyak sembilan kali. Eric Bailly bahkan mengalami cedera setelah terus-terusan bermain selama 11 pertandingan tanpa henti.

“Bukannya terlihat lelah, namun kami benar-benar kelelahan. Jika beberapa orang menganalisis permainan kami itu adalah satu hal yang berbeda tapi anda tidak bisa menganalisis itu karena itu (permainan United) di luar konteks. Konteks utamanya adalah kami memainkan sembilan laga di bulan April dengan skuad berjumlah 22 dan sekarang sudah berkurang. Kami tidak bisa membahas apakah permainan Ashley Young dan Lingard sudah bermain baik karena kami memang sedang berada di situasi sulit,” tutur Mou di situs resmi Setan Merah.

Mantan manajer Inter Milan tersebut juga menambahkan bahwa para pemainnya sudah bermain dengan sangat baik. Dan dia pun bersiap untuk leg pertama semifinal Europa League menghadapi Celta Vigo. “Mereka adalah pemain-pemain yang sudah berpengalaman, mereka begitu pemberani dan telah memberikan semua apa yang mereka bisa. Pada hari Kamis kita akan bertanding lagi (melawan Celta Vigo),” tuturnya.

Hasil ini membuat United kembali tertahan di posisi kelima klasemen sementara. Beruntung di tempat lain Manchester City juga bermain imbang melawan tuan rumah Middlesbrough. Sementara Liverpool baru akan bertanding Senin malam. Hasil ini juga membuat peta persaingan menuju posisi tiga-empat besar semakin menarik karena baik Liverpool, City dan United hanya dipisahkan satu poin saja. Pekan depan United akan kembali menghadapi lawan yang sulit yaitu bertamu ke markas Arsenal.

Facebook Comments

Written by Ajie Rahmansyah

Ajie Rahmansyah

Penulis yang seumur hidupnya mencintai Manchester United dan Sepakbola