in ,

Manchester United vs Hull City 2-0: Awalan Baik Menyongsong Wembley

Manchester United mengawali leg pertama babak semifinal EFL Cup atau Piala Liga Inggris dengan mulus. The Red Devils menjungkalkan pertahanan kuat Hull City dengan dua gol tanpa balas. Dua gol United dicetak oleh Juan Mata pada menit ke-56 dan Marouane Fellaini pada menit ke-87.

United menguasai penuh jalannya pertandingan. Paul Pogba dan kolega menguasai 66,4 persen penguasaan bola. United pun total melepaskan 22 attemps berbanding enam attemps yang dilakukan Hull City.

Pertandingan ini ditunggu-tunggu oleh penggemar United karena disebut-sebut akan menjadi pertandingan pemecah gol terbanyak United yang saat ini masih dipegang Wayne Rooney dan Sir Bobby Charlton dengan 249 gol. Cukup satu gol lagi, Rooney akan ditasbihkan sebagai pencetak gol terbanyak United sepanjang masa. Meskipun demikian, hal tersebut agaknya tak memengaruhi Rooney untuk lebih mementingkan kemenangan tim. Sepanjang 58 menit bermain, Rooney hanya melepaskan dua attemps. Namun, Rooney pun melepaskan dua key passes untuk membantu terjadinya peluang bagi United.

Secara permainan, United seperti biasa mengandalkan serangan dari kedua sayap. Hal ini ditunjang dengan padunya Matteo Darmian dan Henrikh Mkhitaryan di sisi kiri serta Antonio Valencia dan Juan Mata di sisi kanan. Serangan di kedua sayap ini menghasilkan 28 umpan silang yang dua di antaranya berbuah menjadi gol.

Di babak pertama, United punya banyak peluang emas, mulai dari sepakan Juan Mata yang ditepis Eldin Jakupovic sampai tembakan Mkhitaryan yang posisinya tak terkawal di depan gawang Hull. Hull bukannya tanpa peluang. Sundulan Adama Diomande membentur tiang gawang United meski wasit pun menganulir sundulan tersebut karena offside. Babak pertama pun ditutup tanpa adanya gol yang tercipta.

 

Di babak kedua, Rooney hampir mencetak gol.  Umpan panjang dari Paul Pogba, diterima Rooney yang masuk ke kotak penalti tanpa terkawal. Rooney pun menembak bola dengan keras. Namun, bola hanya beberapa sentimeter dari tiang kanan gawang Jakupovic.

Gol yang ditunggu-tunggu tercipta pada menit ke-56. Umpan silang Antonio Valencia mengarah pada Mkhitaryan. Namun, sundulan Mkhitaryan tidak sempurna karena mesti duel udara dengan bek Hull. Beruntung di tiang jauh, Mata sudah menunggu, dan langsung menerjang bola dengan kaki kirinya. United pun unggul 1-0.

Pada menit ke-73, Paul Pogba mendapatkan peluang mencetak gol lewat tendangan bebas. Bola yang ditempatkan di depan kotak penalti melesat dengan kencang. Namun, bola tersebut membentur tiang kanan gawang Hull City.

United akhirnya mencetak gol kedua pada menit ke-87. Umpan Darmian dari sisi kiri melesat ke ujung kiri gawang Hull. Mirip dengan gol pertama, Fellaini pun muncul dengan rambut kribonya. Ia menjangkau bola dan melambungkannya ke atas jangkauan Jakupovic. Hingga akhir pertandingan, tidak ada gol lagi yang tercipta. United pun menang 2-0.

“Kita semua tahu kalau permainan di babak pertama tak begitu bagus. Menang 2-0 dengan bukan penampilan terbaik itu cukup bagus. Kami tahu bagaimana mereka bermain, tapi di akhir babak kedua kami bermain dengan tempo yang lebih cepat dan mendapatkan apa yang semestinya kami dapatkan,” kata Chris Smalling usai pertandingan.

Berbeda dengan Smalling, Si Bos, Jose Mourinho, justru tak merasa terkesan dengan penampilan anak asuhnya. Menurutnya, mereka semua mestinya bisa belajar lebih baik lagi.

“Aku mengharapkan pertandingan yang sulit, bukan pertandingan yang bisa bikin kami menang empat atau lima gol. 1-0 buatku adalah hasil yang bagus, tapi 2-0 jelas lebih baik,” jelas Mou. “Kami tidak sedang di Wembley, tapi gol kedua itu amat penting. Aku cukup kecewa dengan babak pertama.”

Menurut Mou, anak asuhnya punya pertahanan yang kuat tapi sedikit tak stabil. Ada banyak hal yang mesti dibenahi terutama kebiasaan para pemain yang kerap menunda mengambil keputusan.

“Itu bukan babak pertama kami yang terbaik. Para pemain harus melakukan yang lebih baik. Aku juga, penggemar juga. Babak kedua, kami tampil lebih baik. Minggu nanti, para pemain harus lebih baik, aku juga, para penonton di stadion juga,” tutup Mou.

Manchester United: David De Gea, Antonio Valencia, Phil Jones, Chris Smalling, Matteo Darmian, Ander Herrera, Paul Pogba, Juan Mata, Wayner Rooney, Henrikh Mkhitaryan, Marcus Rashford. Cadangan:  Anthony Martial, Jesse Lingard, Michael Carrick, Daley Blind, Romero, Timothy Fosu-Mensah, Marouane Fellaini.

Hull City: Jakupovic, Huddlestone, Maguire, Robertson, Meyler, Mason, Clucas, Tymon, Snodgrass, Henriksen, Diomande. Cadangan: Hernandez, Maloney, Weir, Marshall, Bowen, Clackstone.

Wasit: Kevin Friend.

Facebook Comments

One Comment

Leave a Reply
  1. Excellent blog right here! Additionally your site loads up fast!

    What web host are you using? Can I get your affiliate link
    in your host? I wish my site loaded up as fast as yours lol

Leave a Reply