in

Saat Arsene Wenger Hampir Melatih Manchester United

“Ini merupakan kesalahan terbesar dalam karir saya”, begitulah ungkapan hati Fergie saat dia mengingat momen untuk mengundurkan diri dari Old Trafford di akhir musim 2001/2002. Mungkin banyak yang lupa atau bahkan tidak menyadari bahwa Alex Ferguson pernah berniat untuk meninggalkan Old Trafford di awal era 2000-an. Keputusan tersebut diambil Fergie lantaran merasa gagal menangani Manchester United.

Kala itu Manchester United hanya mampu mengakhiri musim di posisi ketiga berjarak 10 poin dari Arsenal yang berhasil menjadi juara Liga Inggris musim 2001/2002. Di musim itu juga Manchester United mengalami serentetan kegagalan, mulai dari tersingkir dari FA Cup dan juga Piala Liga ditambah lagi langkah pasukan Sir Alex Ferguson yang harus terhenti di semi final Champions League. Praktis saat itu Manchester United harus mengalami puasa gelar.

Hal tersebut mungkin membuat Sir Alex Ferguson frustrasi dan berniat untuk angkat kaki dari Old Trafford. Pernyataan Fergie untuk angkat kaki dari Old Trafford pun ditanggapi serius oleh CEO Manchester United saat itu, Martin Edwards. Beberapa nama pelatih top saat itu langsung masuk dalam daftar suksesor Sir Alex Ferguson. Salah satu nama yang paling diunggulkan saat itu adalah Arsene Wenger.

Nama Arsene Wenger menjadi unggulan lantaran sederet prestasi yang ia raih saat itu bersama Arsenal. Di musim 2001/2002 Arsene Wenger berhasil meraih gelar juara Premier League keduanya bersama Arsenal setelah ia berhasil meraihnya untuk pertama kali di musim 1997/1998.

Arsene Wenger juga berhasil membawa Arsenal menjuarai FA Cup dan juga Community Shield. Prestasi Wenger saat itu memang sangat mencolok, di awal kedatangannya di Highbury, hampir setiap musim Arsenal selalu mengakhiri musim di papan atas klasemen, jika tidak menjadi juara maka Arsenal selalu menjadi runner-up.

Prestasi gemilang tersebut yang membuat Martin Edwards tertarik untuk mendatangkannya ke Old Trafford sebagai pengganti Sir Alex Ferguson.

Dilansir dari ESPNFC, Edwards mengatakan, “Saat kami menyadari bahwa (Ferguson) sangat serius tentang ini (rencana keluar) dan dia sudah berfikir yakin, banyak sekali diskusi di kalangan dewan tentang kemungkinan penggantian (Ferguson). Pilihan pertama kami adalah Arsene Wenger. Pada saat itu kami semua berfikir dia adalah kandidat terbaik untuk menggantikan Alex. Tentu dia adalah pilihan nomor satu bagiku.”

Edward mengaku pernah menemui Arsene Wenger di rumahnya, di London, untuk membujuknya pindah ke Old Trafford. Namun Edward yang kala itu ditemani Peter Kenyon mendapat penolakan dari Arsene Wenger.

“Faktanya, kami memiliki beberapa pertemuan bersama dia dan kami berfikir kemungkinan dia bergabung dengan kami. Tapi saya pikir Wenger memiliki loyalitas terhadap David Dein (CEO Arsenal). Dia sangat dekat dengan David, dan itu menjadi alasan kenapa akhirnya dia menolak United. Dia merasa telah memulai sesuatu bersama Arsenal dan kecintaannya kepada klub begitu besar, dia tidak memikirkan untuk melepaskan ikatan tersebut,” Kata Edwards.

Namun keuntungan tampaknya masih berpihak pada United karena Sir Alex Ferguson memutuskan untuk berubah pikiran dan melanjutkan karirnya di Old Trafford hingga 2013. Tidak terbayangkan jika saat itu Alex Ferguson benar-benar pindah dan Arsene Wenger menerima tawaran United. Bukankah demikian?

Sumber : ESPNFC, Mirror.

Facebook Comments