in

Kisah Tur Pramusim Pertama Manchester United

Tur ke luar negeri agaknya merupakan hal yang biasa dilakoni kesebelasan top Eropa saat ini. Manchester United akan memulai tur musim panas ke Amerika Serikat pada 15 Juli mendatang. Lantas, kapan pertama kali United tur ke luar negeri?

Jawaban bisa didapatkan saat kita memutar waktu ke tahun 1908. Kemenangan atas Bury di Manchester Senior Cup pada 30 April 1908 menjadi awal keberangkatan United ke London dan bermalam sebelum keberangkatan awal tur.

Setelah melalui perjalanan panjang melewati Paris dan Basel, United melakoni pertandingan eksibisi melawan Zurich XI pada 4 Mei 1908 dan menang 4-2. Namun salah satu wartawan di pertandingan tersebut mencatat jika “Pertandingan tidak dianggap serius oleh para pemain, yang hanya bermain-main dengan lawan-lawan mereka.”

Masalah kemudian muncul saat United berkelana ke Austria. Petugas bea cukai memaksa semua orang yang membawa lebih dari 10 cerutu harus membayar cukai ekstra. Setelah kejadian tersebut, tidak ada halangan berarti.

Tiba di Praha pada 8 Mei 1908, lawan pertama United hari itu adalah SC Slavia, tim amatir, namun dianggap juara dari Benua Eropa. Sebanyak lima ribu penonton hadir di stadion di mana United menang mudah 2-0 melalui gol dari Jack Picken dan Jimmy Bannister.

Setelah pertandingan berikutnya, Setan Merah dipersiapkan untuk melawan Bohemians Praha, namun dibatalkan. United pergi ke salah satu ibukota Kekaisaran, Wina, untuk mengatur beberapa perlengkapan tur. Saat pertama datang ke Wina, Setan Merah melawan tim dari ibukota tersebut di depan 2.000 penonton. Kecekatan Sandy Turnbull yang diikuti gol dari Jack Picken membantu The Red Devils memenangkan pertandingan di 35 menit terakhir pertandingan.

Dua hari kemudian, United mengambil kesempatan untuk bertanding melawan Wina SC, yang dianggap tim terkuat di kota tersebut. Salah satu pemain Setan Merah, Charlie Roberts, beristirahat untuk meningkatkan kebugarannya dan ternyata Wina SC tidak lebih kuat dari pertandingan pertama di Wina sebelumnya. Wina SC runtuh dalam kekalahan 0-5.

Pertandingan terakhir yang dihelat di Wina adalah saat melawan tim perwakilan lain, Athletic. United dapat selesai dengan kemenangan 4-0 dengan mudah, yang membuat salah satu staf klub berani mengatakan dan menunjukkan bahwa “Manchester United tidak akan melihat tim kelas dunia lain di benua Eropa untuk beberapa waktu ke depan.”

Sehari berikutnya, Setan Merah tiba di kota lain yaitu di Budapest pada 19 Mei 1908. Tiga pertandingan sudah dijadwalkan, akan tetapi pertandingan pertama dibatalkan. Kemudian tiga klub utama kota akhirnya rampung dikombinasikan untuk mengambil jadwal tur pada tanggal 22 Mei 1908.

Klub-klub tersebut memberi United beberapa kejutan dengan memimpin pertandingan di awal dan mempertahankannya kemudian. Namun, perlahan Manchetser United berhasil mengambil kendali, mengeksploitasi pertahanan lawan yang lemah untuk membalikkan keadaan menjadi 3-1 di babak pertama, dan 6-2 pada akhir pertandingan.

Lalu, harapan bahwa juara Liga Hungaria, Ferencvaros, akan menyajikan tantangan lebih berat, pupus saat United menjadi pemimpin laga dengan skor 3-0, berkat satu gol Jimmy Bannister dan dua gol dari Billy Meredith. Akibatnya 11.000 orang yang menonton laga tersebut, murka karena tim favorit mereka kalah.

Tim terbaik kota Manchester itu melakoni tur dengan cepat. Setelah kembali ke Wina untuk pertandingan ekstra melawan Wina XI yang berakhir dengan kemenangan 3-2, United melakukan perjalanan panjang pulang kembali ke Inggris melalui Berlin dan Ostend, lalu kembali ke Manchester pada tanggal 29 Mei 1908.

Sumber : ManUtd.com

Facebook Comments

Fundamental and Precious