in

Juli dalam Sejarah Manchester United

Bulan Juli telah berakhir. Kabar bagusnya, berarti liga-liga di Eropa akan segera dimulai. Premier League sendiri akan dimulai pada 12 Agustus, sementara laga resmi pertama United akan berlangsung pada tanggal 9 Agustus menghadapi Real Madrid dalam tajuk Piala Super Eropa.

Sementara itu di akhir bulan ketujuh ini United sudah melakukan beberapa laga uji coba dengan hasil tiga menang, satu seri, dan satu kalah. Selain itu mereka juga masih bergerak di bursa transfer. Lantas bagaimana bulan Juli dalam sejarah Setan Merah. Berikut penulis tampilkan untuk Anda.

2 Juli 2003: David Beckham Hijrah ke Real Madrid

Setelah sembilan musim berbaju merah dengan mencetak 394 penampilan dan 85 gol, David Beckham hijrah ke Real Madrid pada musim panas 2003. Becks direkrut Si Putih dengan harga 35 juta euro. Kepindahan suami Victoria Adams ini disebut-sebut dikarenakan rasa sakit hati karena ia dianggap sebagai biang keladi kekalahan United atas Arsenal yang menimbulkan insiden sepatu terbang itu.

3 Juli 2009: Perekrutan Michael Owen

Delapan tahun silam, Fergie melakukan transfer mengejutkan dengan merekrut Michael Owen yang ketika itu berstatus tanpa klub. Mantan pemain Liverpool ini menjadi pemain nomor tujuh berikutnya pasca kepergian CR7. Owen memang hanya bertahan tiga musim dan hanya membuat 17 gol. Akan tetapi bersama United ia mampu meraih mimpinya memegang trofi Premier League. Sesuatu yang tidak bisa ia realisasikan ketika masih membela Liverpool.

5 Juli 1971: Masuknya Frank O’Farrel

Frank O’Farrel masuk menggantikan Sir Matt Busby yang telah menjalani periode singkatnya memimpin kembali United. Di tangan Farrel, United sebenarnya mampu membawa United berada di posisi pertama hingga Desember.

Akan tetapi di awal 1972, United menderita tujuh kekalahan beruntun yang membuat mereka harus finis di posisi kedelapan di akhir musim. Nasib sial berlanjut di musim berikutnya dimana United tidak menang di sembilan laga awal. Kekalahan 0-5 dari Crystal Palace pada Desember 1972 menjadi laga terakhirnya bersama Setan Merah sebelum digantikan Tommy Docherty.

13 Juli 2013 dan 13 Juli 2015: MU kalah di Bangkok, dan Hadirnya Schweinsteiger

Pasca menggantikan Sir Alex Ferguson, David Moyes bersiap menghadapi laga pertamanya dalam pra musim melawan Thailand All Star. Akan tetapi, United justru takluk 0-1 melalui gol dari Theratep Winothai. Laga ini seolah menjadi pertanda bahwa musim Moyes akan berjalan buruk. Sembilan bulan pasca pertandingan tersebut, Moyes dipecat.

Dua tahun berselang, Setan Merah membuat sejarah pada 13 Juli dengan mengeluarkan 6,5 juta pounds untuk Bastian Schweinsteiger. Schweini menjadi pemain Jerman pertama yang membela tim utama Manchester United. Ia hanya bertahan dua musim dengan catatan 35 penampilan serta mencetak dua gol.

17 Juli 2009: United Batal Ke Jakarta

Manchester United sejatinya akan menggelar uji coba menghadapi Indonesia Super League all stars pada 20 Juli 2009. Akan tetapi semua itu gagal ketika tiga hari sebelumnya sebuah bom meledak di salah satu hotel yang direncanakan sebagai tempat skuat United menginap. Setan Merah yang ketika itu sedang berada di Malaysia memutuskan untuk membatalkan rangkaian turnya di Indonesia dengan alasan keamanan.

19 Juli 1993: Perekrutan Roy Keane

Hengkangnya Bryan Robson membuat United butuh sosok gelandang yang memiliki tipikal petarung. Pilihannya jatuh kepada Roy Keane. Ia direkrut dari Nottingham Forest dengan dana 3,75 juta pounds yang menjadi rekor Britania saat itu.

Keane kemudian menjadi pilar penting bagi dominasi iblis merah meski partnernya di lini tengah kerap berganti dari Paul Ince, Nicky Butt, atau Paul Scholes. Keane 12 musim bermain bersama United sebelum pada 2005 hijrah ke Celtic.

22 Juli 2002: United Membeli Rio Ferdinand

Rivalitas Leeds dan United makin meruncing ketika salah satu punggawanya Rio Ferdinand resmi dibeli United sebesar 29,1 juta pounds 15 tahun silam. Ia menjadi bek termahal United selama beberapa tahun sekaligus sebagai sosok tangguh di lini belakang setan merah bersama duetnya Nemanja Vidic. Mantan pemain QPR ini bertahan di Manchester selama delapan musim dan memberikan 14 gelar bagi Setan Merah.

31 Juli 2006: Datangnya Michael Carrick

Akhir Juli 2006, United resmi merekrut Michael Carrick dari Tottenham Hotspur dengan nilai 13 juta pounds. Hingga saat ini, pemain yang akrab dipanggil Carra ini masih berada di skuad United dan berstatus sebagai kapten utama. Sejak datang ke kota Manchester, pemain berusia 36 tahun ini sudah mengumpulkan 18 gelar baik di kompetisi domestik maupun internasional.

Facebook Comments

Written by Ajie Rahmansyah

Ajie Rahmansyah

Penulis yang seumur hidupnya mencintai Manchester United dan Sepakbola