in

Apa yang Berubah dari Premier League (Bagian 1)

Musim 2017/2018 merupakan tahun ke-25 Premier League. Sepanjang seperempat abad tersebut sudah banyak sekali momen-momen yang tercipta. Selain itu, kompetisi ini juga sudah mengalami beberapa perkembangan yang cukup pesat dari sekedar kompetisi yang biasa-biasa saja menjadi kompetisi yang bernilai harganya. Lantas apa saja yang telah berubah dari pekan pertama Premier League di musim ini dengan yang terjadi di musim pertama pada 1992/1993?

Jumlah Kesebelasan

Pada awalnya, Premier League dimulai dengan 22 kesebelasan. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan jumlah kontestan pada musim terakhir Divisi Satu pada musim 1991/1992. Namun pada 1995/1996 jumlah peserta dikurangi dari 22 menjadi hanya 20 klub. Hal ini sedikit mengurangi jumlah pertandingan yang harus dijalani dari yang sebelumnya 42 pertandingan menjadi hanya 38 pertandingan.

Pemain Asing

Salah satu hal yang paling signifikan dalam perkembangan Premier League adalah jumlah pemain asing yang bermain. Pada pekan pertama di musim pertama (1992/1993) hanya ada 13 pemain yang mewakili negara di luar britania dan Irlandia.

Nama-nama tersebut adalah Eric Cantona (Leeds United – Prancis), Craig Forrest (Ipswich Town – Kanada), Hans Segers (Wimbledon – Belanda), Gunnar Halle (Oldham – Norwegia), John Jensen (Arsneal – Denmark), Anders Limpar (Arsenal – Swedia), Ronnie Rosenthal (Liverpool – Israel), Robert Warzycha (Everton – Polandia), Peter Schmeichel (Man United – Denmark), Andrei Kanchelskis (Man United – Russia), Roland Nilsson (Sheffield Wednesday – Swedia), Michael Vonk (Man City – Belanda), dan Jan Stejskal (QPR – Rep Ceska).

Selain itu, Dari 273 pemain yang bermain di pekan pertama, 205 pemain mewakili Inggris, 55 datang dari Wales, Skotlandia, Irlandia Utara dan Republik Irlandia. Total ada 15 negara yang mewakili premier league di musim pertama.

Sedangkan cerita berbeda terjadi pada musim 2017/2018. Dari 277 pemain yang turun di pekan pertama, hanya ada 86 orang yang berasal dari Inggris dan 191 sisanya berasal dari 49 negara yang berbeda.

Manajer

Sebanyak 18 dari 23 manajer (Tottenham ketika itu punya dua manajer) adalah orang Inggris ketika musim pertama Premier League berjalan. Selain itu, empat orang berasal dari Skotlandia dan satu dari Irlandia. Sedangkan pada musim ini, Liga Inggris hanya memiliki empat manajer yang berasal dari Ingggris. Sisanya berasal dari Kroasia, Wales, Portugal, Argentina, Spanyol, Jerman, Amerika Serikat, Belanda, Italia, Irlandia, dan Prancis.

Waktu Kick-off

Pekan pertama 1992/1993 sembilan dari 11 pertandingan dimulai pada pukul tiga sore waktu Britania. Laga Nottingham Forest melawan Liverpool berlangsung pada Minggu dan Manchester City melawan QPR berlangsung pada Senin malam.

Di musim ini, Liga Inggris melakukan sedikit perubahan. Pekan pertama musim 2017/2018 dilangsungkan pada pukul 07.45 malam di hari Jumat. Watford vs Liverpool dimulai pada Sabtu pukul 12.45 siang pada Sabtu dan pertandingan Brighton melawan Man City dimulai pada 17.30 sore. Di hari Minggu, laga Newcastle melawan Tottenham dimulai pada 01.30 siang dan Manchester United melawan West Ham dimulai pada pukul empat sore.

Facebook Comments

Written by Ajie Rahmansyah

Ajie Rahmansyah

Penulis yang seumur hidupnya mencintai Manchester United dan Sepakbola