Sosok Zlatan Ibrahimovic sebenarnya bukan sekadar pencetak gol bagi Manchester United. Ia juga adalah seorang yang berpengaruh di kamar ganti dan di mana pun ia berada. Meski dengan sifatnya yang terkadang arogan, namun Zlatan adalah pemain yang berkarakter kuat. Buktinya, raihan 28 gol di semua ajang hingga pekan ke-33 Liga Primer meski umurnya telah menginjak 35 tahun. Soal pengaruh itu, ia bahkan memengaruhi dan memotivasi seorang atlet renang asal Wales.

Jazz Carlin, peraih dua medali perak di Olimpiade Rio de Janiero tahun lalu ini memutuskan pensiun di usia 26 tahun. Namun ia memutuskan untuk kembali berkompetisi dan berlatih Meksiko pada musim dingin lalu. Ia mengungkapkan bahwa Zlatan adalah salah satu inspirasinya untuk kembali dan berkompetisi di Kejuaraan Berenang Britania Raya yang digelar di Sheffield Selasa lalu.

“Semakin tua Anda, semakin Anda berilmu. Saya merawat tubuh saya dan saya masih belajar mengenai tubuh saya. Saya melihat wawancara Zlatan Ibrahimovic di hari sebelumnya. Dia bilang ‘usia hanyalah angka’, dan dia masih yakin bisa berprestasi. Itu adalah mindset yang benar,” ujar Carlin.

Pada olahraga renang, atletnya biasa pensiun pada usia 20 awal. Karir seorang perenang memang singkat. Pendahulu Carlin yang memenangkan dua perunggu pada Olipiyade 2012 di London, Rebecca Adlington pensiun pada usia 23 tahun. Jadi, usia Carlin sendiri memang dapat dikatakan sudah tua, sama seperti Zlatan di sepakbola.

Carlin terinspirasi dari sosok Zlatan yang bisa mementalkan banyak prediksi negatif ketika ia mendarat di Old Trafford. Usia 35 tahun tentu bukanlah usia yang muda bagi seorang pesakbola. Hal itulah yang mendorong Carlin untuk kembali ke dunia renang.

“Orang-orang sempat beranggapan bahwa dia tidak akan sukses di United. Namun dengan melihat apa yang ia lakukan ketika orang-orang meremehkannya, itu jelas luar biasa. Dia terus membukitkan kesalahan orang-orang. Dia adalah motivator hebat. Jika saya merawat tubuh saya, saya pasti bisa mendorong diri saya (sampai ke batasan),” ungkap Carlin.

Singkat cerita, Carlin berkompetisi di nomor 200 m, 400 m, dan 800 m. Nomor 200 m ia selesaikan dengan raihan perunggu. Sebuah catatan yang tidak buruk tentunya bagi orang yang telah pensiun. Setelah kompetisi itu, Carlin akan menatap Kejuaraan Dunia Renang yang akan diglear di Budapest pada bulan Juli nanti.

Facebook Comments