in

Pandangan dan Keresahan Jose Mourinho pada Bursa Transfer

Jose Mourinho mengungkapkan kalau kesebelasannya hanya akan aktif pada bursa transfer musim panas. Hal ini ia utarakan ketika diwawancarai oleh The Times. Pria Portugal berusia 54 tahun tersebut seolah menegaskan atas berbagai isu yang sempat mengabarkan United akan aktif kembali pada bursa transfer bulan Januari.

“Saya telah mengatakan bahwa tiga jendela transfer musim panas adalah yang saya butuhkan untuk memiliki tim yang saya mau. Tim yang saya rasa bisa membawa Manchester United ke puncak sepakbola Inggris dan menutup celah di kompetisi sepakbola Eropa,” ujarnya kepada The Times.

Meski begitu, Mou tidak akan menunggu hingga musim depan agar bisa mencapai targetnya tersebut. Dengan ucapan tersebut setidaknya pihak Manchester United akan terus mempertahankan Mou hingga kontraknya berakhir pada musim panas 2019 mendatang.

“Saya masih berpikir kita membutuhkan jendela transfer ketiga. Tapi saya tidak akan menunggu hingga jendela transfer ketiga untuk meraih itu semua.”

Jika mengacu pada ucapan The Special One tersebut, maka pada musim panas 2018, United tampaknya akan kembali mendatangkan beberapa nama besar. Pemain tersebut kemungkinan besar antara Gareth Bale atau Antoine Griezmann. Dua nama ini merupakan incaran Iblis Merah dalam beberapa musim terakhir.

Gareth Bale nampaknya akan terus digoda oleh United agar meninggalkan Real Madrid pada musim panas mendatang. United bahkan dikabarkan terus memantau sayap Wales tersebut dalam 12 bulan ke depan. Mou bahkan sempat terang-terangan jika ia menginginkan mantan pemain Tottenham Hotspur tersebut.

“Jika dia (Bale) tidak berada dalam rencana klub, dan klub mendatangkan pemain baru maka dia dalam perjalanan keluar. Saya akan mencoba menunggunya dan bertarung dengan manajer lain yang menginginkan dia berada di timnya,” ungkap Mou jelang Piala Super Eropa Agustus lalu.

Sementara dalam kasus Antoine Griezmann, United bisa saja mendatangkan pemain Prancis tersebut enam bulan lebih cepat atau pada Januari 2018 mendatang. Saat itu, Atletico sudah lepas dari hukuman larangan transfer. Pihak Atletico Madrid sendiri sebenanrya tidak keberatan melepas Griezmann mengingat Los Colchoneros berpeluang memulangkan Diego Costa.

Akan tetapi mendatangkan mantan pemain Real Sociedad tersebut pada musim dingin akan berisiko mengingat tenaganya tidak akan bisa dipakai dalam kompetisi Eropa. Inilah yang membuat manajemen United baru akan membuat penawaran baru pada musim panas mendatang.

Kritikan Mourinho Soal Harga Pemain

Musim ini United total mendatangkan tiga pemain yaitu Romelu Lukaku (75 juta paun), Victor Lindelof (30 juta paun), dan Nemanja Matic (35 juta paun). Meski United menghabiskan hampir 140 juta pounds di lantai bursa, namun manajer yang membawa FC Porto menjuarai Liga Champions tersebut merasa timnya sudah melakukan pembelian cerdas.

Mou bahkan secara tidak langsung mengeluhkan harga transfer beberapa pemain yang dianggapnya tidak masuk akal. Menurutnya hal ini bisa berdampak kepada beberapa pemainnya di musim mendatang.

“Saya pikir kami melakukan investasi cerdas di bursa transfer. Kami pikir ada sesuatu yang bisa terjadi yang dapat mengubah harga pasar selamanya. Biasanya pada bagian (hari) terakhir transaksi menjadi lebih murah. Tapi musim ini, setelah harga Neymar, semuanya berubah. Berubah menjadi lebih buruk dari segi harga.”

Ia menambahkan, “Saya pikir Lukaku pada 31 Agustus harganya akan mencapai 150 juta poundsterling. Matic mungkin akan bernilai 60 sampai 70 juta Pounds. Neymar mengubah segalanya.

“Jika transfer termahal masih dipegang Paul Pogba, maka hari ini Coutinho akan berada di Barcelona dan bernilai 101 juta pounds. Orang-orang melihat sosok 200 juta pounds sekarang. Sekarang pemain 20 juta bisa menjadi 40 juta. 40 juta menjadi 60 juta. Semuanya berubah.”

Sumber: The Times, Metro

Facebook Comments

Written by Ajie Rahmansyah

Ajie Rahmansyah

Penulis yang seumur hidupnya mencintai Manchester United dan Sepakbola