in

Kata Koeman Tentang Romelu Lukaku dan Wayne Rooney

Sosok yang tak boleh dilupakan dalam proses pertukaran Wayne Rooney dengan Romelu Lukaku adalah Manajer Everton, Ronald Koeman. Eks penggawa Barcelona era 1990-an tersebut sudah menyatakan kepincut dengan Rooney sedari bulan-bulan yang lalu.

Koeman bahkan terkesan sangat terbuka perihal keinginan untuk meminang Rooney kembali ke klub masa kecilnya tersebut. Namun yang jarang atau belum pernah dinyatakan oleh Koeman adalah perihal Lukaku.

Jelas dalam hati, Koeman tak ingin kehilangan striker berusia 24 tahun tersebut. Bagaimana tidak? Musim lalu Lukaku menjadi top skorer Everton dengan perolehan 26 gol dalam 39 pertandingan. Kiprah Lukaku sebagai pencetak gol di Premier League sudah tak bisa diragukan lagi. Minimal 20 gol ia cetak dalam tiga musim terakhir.

Koeman jua tutup suara soal tawaran dari Chelsea untuk bekas striker andalan Everton tersebut. Tetapi baru-baru ini, dilansir dari Metro Koeman akhirnya buka suara soal Lukaku dan juga Rooney.

Keputusan Romelu Lukaku untuk Pindah ke Manchester United 

Menurut manajer asal Belanda tersebut Manchester United adalah klub yang lebih tepat dibandingkan berlabuh ke Stamford Bridge. Entah karena lebih mendapatkan keuntungan karena mendapat Rooney, tapi inilah yang dikatakannya.

“Kami tahu bahwa keputusan itu adalah tantangan yang berat baginya (Lukaku). Tetapi dia sudah mengambil keputusan yang tepat menurut saya dan saya harap semua akan berjalan baik-baik saja untuknya. Karena saya sebenarnya suka dengannya, tetapi sekarang semuanya tentang Everton,” jelas Koeman saat menghadiri konferensi pers kedatangan Rooney.

Meski mengatakan merasakan kehilangan Lukaku, manajer yang ketika bermain terkenal dengan tendangannya tersebut, hakul yakin Everton tetap akan sekeras tendangannya.

“Klub ini menunjukkan ambisi yang disukai setiap orang. Saat ini adalah momen yang menyenangkan untuk berada di Everton. Sekarang tinggal bagaimana kami menunjukkan seberapa kuat diri kami.”

“Hal terpenting saat ini adalah untuk menjaga kebugaran dan kecocokan dalam tim, kemudian kami akan bermain segera dalam kualifikasi Europa League,” tutur Koeman.

Koeman Pastikan Rooney Mendapat Tempat di Everton

Banyak yang beranggapan bahwa hijrah ke Everton tak akan menjamin posisi Rooney di tim utama. Namun Koeman membantah isu tersebut dengan mengatakan bahwa pemain berusia 31 tahun tersebut memiliki peluang besar untuk terus bermain, lantaran mampu mengisi beberapa posisi.

“Semua orang tahu kualitas yang dipunyai Wayne. Dia adalah tipe striker yang bermain dengan karakter. Dalam hal menyerang, dia bisa bermain menjadi nomor 10 di belakang striker. Lalu bermain di sisi kiri, menjadi nomor 9, atau bahkan nomor 7, itulah posisi-posisi yang akan dimainkan oleh Wayne,” terang Koeman.

Koeman jua tak menyangkal bahwa kedatangan Rooney diharapkan dapat menambal kepergian top skorernya musim lalu, Lukaku.

“Tentu saja kita mempunyai striker hebat seperti Lukaku musim lalu yang mencetak 25 gol. Lalu di peringkat seterusnya ada sejumlah pemain dengan 4 atau 5 gol. Itu tentu tidak cukup, kamu butuh pemain lagi, butuh produktivitas lebih.”

“Saya lebih suka punya beberapa pemain yang bisa mencetak 10 hingga 15 gol daripada satu pemain yang mencetak 25 gol. Nah, Wayne (Rooney) adalah pemain yang dapat membawa produktivitas ke dalam tim ini,” kata Koeman.

Lebih lanjut lagi, Koeman mengatakan bahwa tak hanya pengalaman Rooney saja yang akan membuatnya yakin memulangkan Rooney. Melainkan juga ambisi Rooney yang ternyata masih besar untuk meraih sesuatu di sepakbola.

“Pengalaman untuk mendapatkan titel adalah salah satu alasan mengapa kami memulangkan Wayne. Ketika kami bicara bersama mengenai ambisi dan dia mengatakan antusias untuk segera kembali.”

“Dia menunjukkan ke saya bahwa dia masih suka dengan adanya tekanan. Musim depan tentu kami punya tekanan yang lebih besar dari musim lalu dan untungnya dia sudah terbiasa. Beberapa pemain memang butuh tekanan untuk bisa menunjukkan yang terbaik.”

“Lagipula umurnya masih 31, cukup muda untuk sepakbola. Kualitas dan ambisi yang ia tunjukkan, sudah lebih dari cukup bagi saya untuk memulangkannya ke Everton,” tutup Koeman penuh keyakinan.

Melihat keyakinan Koeman akan sosok Rooney di Everton, tampaknya musim depan para pendukung United akan tetap bisa melihat eks kaptennya tersebut berlaga di lapangan. Sebuah harapan yang tentu tak hanya Rooney akan senang, tetapi jua para fans The Red Devils. Mari kita tunggu!

Sumber : Mirror, Metro, dan Outside90

 

Facebook Comments

Setelah Badai Cedera, Hambatan Welbeck Itu Bernama Lacazette

Adakah Tempat bagi Andreas Pereira di Manchester United?