in

12 Pemain United dengan Sisa Kontrak Satu Tahun (Bagian II)

Terdapat 12 pemain dengan sisa kontrak satu tahun. Bagian pertama dari tulisan ini, bisa Anda baca di sini.

Daley Blind (22 juta euro)

Situasi yang terjadi pada Blind cukup tricky bagi United. Blind sendiri bukan pemain utama United. Di era Jose Mourinho, ia hanya menjadi pelapis di beberapa posisi yang bisa ia mainkan.

Jika kehilangan Blind secara cuma-cuma, United tentu akan merugi melihat value yang ia miliki. Namun, bukan perkara mudah bagi United untuk memperpanjang kontrak pemain asal Belanda itu.

Blind tentu menginginkan kesempatan bermain yang lebih banyak dan United perlu membujuknya agar mau memperpanjang kontrak. Sementara itu, pilihan lain agar tidak merugi yaitu dengan menjualnya pun bukan hal mudah. Blind tampil biasa saja dan United perlu berharap keajaiban datang dari sebuah klub yang tiba-tiba menginginkan jasa Blind.

Juan Mata (30 juta euro)

Akan menajdi sebuah kerugian yang besar jika United tidak menyikapi situasi ini dengan baik. Mata didatangkan dari Chelsea dengan harga 44 juta euro. United tentu tidak ingin pemain asal Spanyol itu pergi secara cuma-cuma. Mata juga masih mampu bersaing di tim utama United. Sebaiknya United segera memperpanjang kontrak Mata sebelum ia berpikir untuk tidak memperpanjang kontrak.

Luke Shaw (20 juta euro)

Kondisi Shaw juga cukup tricky bagi United. Umum diketahui bahwa Mourinho kerap mengkritik Shaw karena berbagai hal. Bek kiri asal Inggris itu juga banyak menghabiskan waktu untuk memulihkan cedera.

Jika Shaw masih terus berkutat dengan cedera dan performanya tidak dapat memuaskan Mourinho, bukan tak mungkin United tidak akan memperpanjang kontrak Shaw meski ia didatangkan dengan harga mahal sebesar 37,5 juta euro dari Southampton. Tapi melihat kondisinya sekarang, United juga perlu berusaha ekstra untuk menjual Shaw.

Andreas Pereira (5 juta euro)

Muncul sebagai pemain jebolan akademi United, nyatanya Pereira tak mampu menembus skuat utama sejak 2014. Ia akhirnya dipinjamkan ke Granada pada musim lalu. Melihat performanya, Pererira akan menghadapi kesulitan jika terus bertahan di United.

Mencari klub yang berminat terhadap dirinya pun bukanlah hal yang mudah. Namun jika memperpanjang kontraknya, Pereira kemungkinan besar tidak dapat bersaing di tim utama United. Kondisi serba salah ini harus disikapi dengan baik dan dengan pertimbanagan yang matang agar tidak menimbulkan kerugian dalam aspek apapun.

Guilermo Varela (750 ribu euro)

Setelah didatangkan ke Mancehster pada 2013 lalu dari tim asal Uruguay, Penarol, Varela tak mampu menembus skuat utama. Musim lalu, ia dipinjamkan Eintracht Frankfurt dan hanya menjalani 10 pertandingan. United hampir tidak memiliki alasan untuk memperpanjang kontrak Varela. Melihat value yang tidak mahal, United sebenarnya tidak akan mengalami kerugian yang besar jika kehilangan Varela secara gratis.

Marouane Fellaini (12 juta euro)

Banyak pertimbangan yang harus diperhatikan dalam menyikapi situasi pada Fellaini. Kemungkinan yang terjadi pun sulit untuk diprediksi, apakah Fellaini akan tampil impresif dan pantas diberi kontrak atau ia masih akan bermain seperti itu dan membuat United harus berpikir dua kali untuk memperpanjang kontraknya. Jika tidak ingin mengambil resiko, United mungkin dapat mempertimbangkan untuk menjual Fellaini di bursa transfer ini.

Adnan Januzaj (7 juta euro)

Kondisi Januzaj sekarang memang cukup memprihatinkan. Setelah diorbitkan dengan baik oleh Sir Alex Ferguson, Januzaj tak mampu dimaksimalkan oleh manajer United setelahnya. Padahal Januzaj sempat dilabeli sebagai pemain bertalenta dan diperkirakan dapat menjadi generasi emas Belgia yang penuh akan bakat.

Masa peminjaman selama dua tahun terakhir bersama Dortmund dan Sunderland pun tak mampu membuktikan bahwa dirinya bisa menembus skuat United. Situasi ini perlu dipertimbangkan dengan teliti guna terhindar dari kerugian.

***

Melihat kondisi beberapa pemain tersebut, United harus menyikapinya dengan serius. Jika tidak, United kemungkinan besar akan mengalami kerugian karena United kehilangan pemain secara cuma-cuma atau sebaliknya, United memperpanjang kontrak pada pemain yang tak mampu memberikan kontribusi.

Khusus untuk Herrera dan Mata, United tidak boleh lengah karena fans tentu tidak ingin kehilangan dua pemain penting tersebut. Bukan hanya karena United tidak mendapat uang dari penjualan mereka, namun kontribusi pemain asal Spanyol itu dibutuhkan oleh United.

Facebook Comments