Jarang ada pemain yang setia membela satu kesebelasan sepanjang karirnya. Ryan Giggs dan Paul Scholes adalah dua di antaranya. Sebagian besar pemain punya ambisi pula untuk menjajal klub lain demi meraih prestasi yang lebih baik. Bahkan, pelatih Manchester United, Jose Mourinho, pun berasal dari Chelsea. Ternyata, ada beberapa pemain United yang pernah berkarier sebagai pemain Chelsea dan sebaliknya. Berikut 7 pemain yang pernah berseragam Manchester United dan Chelsea

  1. Mark Hughes

Pada kesempatan pertamanya bersama tim Setan Merah, jebolan akademi United ini masih jarang mendapat kepercayaan, selama enam musim hingga 1986. Namun, setelah sempat hijrah ke klub lain dan kembali lagi pada 1988 dengan biaya 1,8 juta paun, Mark Hughes langsung menjelma jadi bintang. Dia pun mencatatkan 256 penampilan dengan 83 gol di liga selama tujuh musim, sebelum hengkang ke Chelsea pada 1995 dengan biaya 1,5 juta paun. Selama tiga musim di Stamford Bridge, sang penyerang juga jadi andalan dalam 95 laga dengan 25 gol di liga, sebelum pindah ke klub lain.

  1. Paul Parker

Pada periode yang tak jauh berbeda, satu lagi mantan pemain United yang mencoba berkarir di klub rival. Namun, perjalanan Paul Parker sedikit berbeda dengan Hughes yang langsung pindah ke klub berjuluk The Blues itu. Setelah mengabdi selama lima musim sampai 1996 dengan penampilan di liga dalam 105 pertandingan dan dua gol, bek yang dibeli dari Queens Park Rangers dengan biaya 2 juta paun itu pun dilepas ke Derby County. Namun setahun kemudian, dia berlabuh ke Chelsea dengan status bebas transfer. Namun, masa Parker sudah habis. Dia hanya dimainkan dalam empat laga.

  1. Mark Bosnich

Sama seperti Hughes, Mark Bosnich juga lulusan akademi United yang sempat terbuang. Dua musim memulai karir profesional sejak 1989, sang kiper hanya bermain tiga kali di liga. Dia sempat pulang ke Australia, sebelum kembali ke Inggris dan menjadi bintang di Aston Villa. The Red Devils sangat beruntung bisa mendapatkannya lagi secara gratis pada 1999. Namun, Bosnich tetap hanya sebagai pelapis, dan hanya membukukan 23 penampilan di liga selama dua musim. Pada 2001, dia hengkang ke Chelsea, meski nasibnya tetap tak berubah. Selama dua musim juga Bosnich hanya main lima kali.

  1. Juan Sebastian Veron

 

Gelandang Argentina ini bisa dibilang gagal berkarir di Inggris, karena prestasinya tak sementereng saat masih di Serie A Italia. Juan Sebastian Veron dipinang dari Lazio pada 2001 dengan biaya 28,1 juta paun. Selama dua musim, dia mencatatkan 51 penampilan di liga dengan tujuh gol, dan hanya mampu mempersempahkan satu trofi juara liga. Pada 2003, dia dilepas ke Chelsea dengan nilai 15 juta paun. Meski namanya tercatat di Stamford Bridge selama empat musim, namun hanya di musim pertama dia bermain tujuh kali dengan satu gol, sedang musim berikutnya dipinjamkan ke klub lain.

  1. John Obi Mikel

John Obi Mikel sebenarnya tak pernah benar-benar berseragam United. Kepindahannya ke Inggris oun sempat menuai kontroversi. Awalnya, Mikel yang saat itu masih 18 tahun sempat menerima kontrak dari tim Setan Merah senilai 4 juta paun pada 2005. Namun, tak lama setelah datang pula tawaran dari Chelsea yang ketika itu ditangani Mourinho, dia pun mengaku dipaksa menandatangani kontrak dengan United. Alhasil, kedua klub berseteru. FIFA akhirnya memutuskan Mikel pindah ke Chelsea oada 2006, dengan ketentuan klub itu harus membayar 12 juta paun kepada The Red Devils.

  1. Radamel Falcao

Kisah Radamel Falcao lain dari yang lain. Penyerang tim nasional Kolombia ini datang ke Old Trafford musim 2014/2015 sebagai pemain pinjaman dari klub Ligue 1 Prancis, AS Monaco. Saat itu, dia baru sembuh dari cedera parah yang dialami sejak Januari 2014. Bersama United, dia sempat dimainkan dalam 26 laga di liga, namun hanya mencetak empat gol. Menariknya, musim berikutnya dia kembali dikirim ke Inggris, dan menjalani masa peminjaman bersama Chelsea. Namun, ketajamannya belum juga kembali, setelah hanya mencetak satu gol dalam 10 penampilan di liga musim 2015/2016 itu.

  1. Juan Mata

Bintang yang satu ini hengkang dari Stamford Bridge dan memilih Setan Merah. Mourinho disebut-sebut membuatnya terpaksa harus pergi. Padahal, dia sudah tiga musim bersama The Blues dengan catatan 82 penampilan dan 18 gol di liga, setelah dikontrak dari klub La Liga Spanyol Valencia dengan nilai 23,5 juta paun. Pada 2014, Juan Mata resmi menyeberang ke Old Trafford dengan biaya 37,1 juta paun. Sejauh ini, dia sudah bermain dalam 108 laga di liga dengan 27 gol. Sayangnya, ketika menjamu mantan klubnya, Minggu (16/4/2017) ini, Mata tak bisa turun karena mengalami cedera.

Facebook Comments